Sabtu, 24 Oktober 2020

Cara Membuat Profil Perusahaan Yang Menarik

 Apa itu Profil Perusahaan ?

Profil Perusahaan adalah cara perusahaan untuk memperkenalkan perusahaannya secara professional, biasanya berisi identitas perusahaan secara umum dan produk yang dijual dengan tujuan menarik minat pembacanya.

Ini merupakan salah satu cara yang cukup menarik untuk memberi tahu orang di luar bahwa perusahaan anda sudah berjalan. Artinya anda harus bisa membuat profil perusahaan sedemikian rupa sehingga hanya dalam beberapa halaman atau slide saja orang sudah paham bisnis yang anda jalankan.

Tips Penting dalam Membuat Profil Perusahaan

Berikut adalah tips-tips dalam membuat profil perusahaan :

Buat profil perusahaan sesimpel/sesederhana mungkin. Buatlah profil perusahaan sesederhana namun sepadat mungkin. Maksudnya adalah anda wajib bisa memasukkan sebanyak-banyaknya informasi penting mengenai perusahaanmu ke dalam profil perusahaan namun tanpa membuatnya terlihat membosankan.

Menentukan target pasar yang sesuai. Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang-orang yang membuat profil perusahaan adalah tidak menentukan target pasar mereka dengan benar. Hal ini tentu membuat isi yang ditulis di dalamnya menjadi tidak relevan terhadap para pembaca.

Jika anda memiliki target pasar anak muda, usahakan desain dan konten dari profil perusahaan anda menyesuaikan bagaimana tampilan para anak muda, seperti fresh, colorful, dan lain-lain.

Platform yang tepat adalah kuncinya. Buatlah profil perusahaan sekaligus di banyak platform sehingga mempercepat persebaran informasi tentang profil perusahaan yang dibuat.

Value terkadang menjual lebih. Banyak yang beranggapan nilai, visi, dan misi merupakan hal yang tidak terlalu penting di dalam pembuatan profil perusahaan. Tapi tahukah anda bahwa kenyataannya justru terbalik.

Kenyataannya ada banyak konsumen yang justru terpikat terhadap suatu produk karena kesamaan nilai serta visi dan misi. Banyak orang yang memutuskan untuk memakai suatu brand dibanding brand lain hanya karena kesamaan nilai. Oleh karena itu, ini bisa menjadi poin lebih dari perusahaan yang anda buat.

Jangan lupakan kreativitas. Banyak di luaran sana perusahaan-perusahaan yang mendambakan memiliki image brand yang baik, dengan produk ciamik serta profil perusahaan yang memanjakan mata, namun enggan mengeluarkan uang lebih.

Percayalah bahwa desain-desain produk dan profil perusahaan yang seliweran di internet, yang tampak memanjakan mata merupakan buah-buah tangan dari desainer grafis yang dibayar cukup mahal.

Lakukan Update sesering mungkin. Seiring dengan berjalannya perusahaan yang anda dirikan, tentu akan ada banyak perubahan di sana dan di sini. Hal ini tentu saja bisa membuat profil perusahaan yang sebelumnya anda buat menjadi tidak relevan lagi.

Disinilah fungsi update akan bisa bermanfaat. Dengan rajin-rajin memperbarui profil perusahaan, tentu akan mengurangi rasa heran orang apabila ada mis-informasi yang masih tercantum di dalamnya.

Langkah-Langkah Dalam Membuat Profil Perusahaan

1. Tentukan Perusahaan Anda dengan Jelas

Ada beberapa poin terkait penentuan perusahaan yang bisa anda diskusikan:

  1. Produk yang akan anda jual; untuk menjalankan perusahaan dengan benar, tentu anda harus berdiskusi soal produk apa saja yang ingin anda jual dan mengapa.
  2. Tentukan nilai-nilai perusahaan yang akan dianut oleh seluruh karyawan di dalam perusahaan tersebut selama perusahaan tersebut masih berjalan.
  3. Tentukan jenis produk yang akan dijual beserta segmentasi pasarnya.

2. Menentukan Tujuan Penulisan Profil Perusahaan

Mengapa mesti menentukan tujuan penulisan profil perusahaan ? Karena hal ini nantinya akan sangat memudahkan bagi content writer untuk bisa menerjemahkan konsep yang ada di dalam kepalamu dan tim anda untuk dimasukkan menjadi tulisan.

Anda yang ingin membuat profil perusahaan sebagai salah satu portfolio perdagangan anda, tentu saja harus dibuat semenarik mungkin, dengan menitikberatkan kepada riwayat konsumen anda serta alur penjualan dan berbagai macam prosedur bila terjadi hal-hal yang tak diduga.

3. Sewa Penulis, Baik Penulis Lepas atau Tetap

Mencari orang-orang yang memiliki kemampuan menulis dengan baik tentu bisa anda temukan dengan mudahnya. Apalagi bila anda merupakan lulusan kampus negeri kenamaan di Indonesia, tentu hampir 100% teman-teman anda bisa menulis dengan baik.

Perlu diingat bahwa penulisan profil perusahaan amat erat kaitannya dengan personal branding dan (tentu saja) kegiatan marketing. Oleh karena itulah anda membutuhkan bukan hanya orang yang bisa menulis namun bisa membuat copywriting.

4. Orisinalitas adalah Kunci

Salah satu cara singkat yang sering ditempuh oleh orang-orang yang belum terbiasa membuat profil perusahaan adalah dengan menyadur serta menyunting dan mengubah sedikit-sedikit profil perusahaan dari perusahaan luar untuk menjadi profil perusahaan mereka sendiri.

Ada banyak perusahaan yang menyadur dan menyunting sehingga kemudian profil perusahaan mereka nampak seperti tidak memiliki identitas. Menurut kami, hal yang boleh anda salin dan sunting untuk membuat profil perusahaan hanyalah template style penulisan saja.

Tapi haram hukumnya bagi suatu perusahaan membuat profil perusahaan dari template isi dan mengganti-ganti satu dua kata saja. Karena bisa-bisa profil perusahaan yang anda buat malah menjadi tidak berbobot sama sekali.

5. Tentukan Gaya Penyampaian

Salah satu hal yang susah-susah-gampang di dalam langkah pembuatan profil perusahaan adalah menentukan gaya penyampaian informasi yang tepat oleh perusahaaan bagi para pembaca mereka.

Misalnya bila perusahaan anda merupakan firma hukum yang memiliki spesialisasi menangani sengketa-sengketa yang ‘cukup serius’ tentu anda harus membuat profil perusahaan yang tampak serius dan profesional pula.

Tapi anda yang misalnya memiliki perusahaan yang bergerak di bidang kreatif, atau memiliki konsumen mayoritas adalah anak muda, tentu bisa membuat profil perusahaan yang lebih ceria dan modern baik dari segi tulisan, penyampaian, maupun desain.

6. Membuat Outline Profil Perusahaan

Salah satu komponen penting profil perusahaan yang seringkali dilewatkan oleh para pemilik perusahaan adalah untuk menuliskan cerita tentang perusahaan tersebut. 

Faktanya ada banyak orang yang tertarik kepada satu perusahaan karena cerita di balik perusahaan tersebut, disamping produk dan layananan yang baik tentunya. Namun cerita yang menginspirasi banyak orang akan membuat orang-orang menjadi loyal terhadap produk anda.

Selain itu perlu diingat ketika membuat sejarah perusahaan, buatlah dalam urutan kronologis lurus. Buatlah mulai dari awal-awal perusahaan Anda terbentuk hingga perkembangannya saat ini.

7. Proofreading

Langkah terakhir yang perlu anda perhaitkan di dalam membuat profil perusahaan adalah dengan melakukan proses proofreading atau membaca ulang serta menyunting seluruh isi profil perusahaan yang anda punya.

Proses ini merupakan proses yang mutlak untuk dilakukan dan sebisa mungkin dilakukan oleh orang yang tidak terlibat di dalam pembuatan profil perusahaan ini sehingga tidak menimbulkan bias di dalam penilaiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar