Jumat, 20 April 2018

Nilai - Nilai PT. TOYOTA

Nilai-nilai perusahaan PT. TOYOTA, meliputi :

  1. Kepercayaan
  2. Kegelisahan
  3. Kesadaran
  4. Harapan
  5. Cinta Kasih
  6. Keindahan
  7. Keadilan
1. Kepercayaan

Perusahaan selalu mempercayai kepada karyawan/pekerja atas tanggung jawab pekerjaan mereka oleh karena itu para pekerja/karyawan tidak boleh menyia-nyiakan kepercayaan perusahaan kepada mereka. Hal yang perlu diingat dari perusahaan-perusahaan Timur (Asia Timur) adalah kesetiaan nomor 1. Oleh karena itu, dengan mereka setia untuk selalu dan bekerja hanya untuk perusahaan tersebut mereka mendapat kepercayaan.

2. Kegelisahan

Perusahaan terkadang merasakan kegelisahan dikarenakan hasil produksi yang tidak selalu baik saat melewati proses QC (Quality Control). Oleh karena itu, perusahaan selalu berhati-hati dan teliti dalam melakukan proses produksi sehingga mengurangi kerugian akibat kualitas produksi yang kurang baik.

3. Kesadaran

Perusahaan memiliki kesadaran untuk terus meningkatkan produktivitas perusahaan mereka sehingga tidak kalah saing dengan perusahaan lain yang sejenis dengan perusahaan tersebut. Dengan meningkatkan produktivitas para pekerja/karyawannya, tentu ini sangat berpengaruh besar kepada produktivitas perusahaan.

4. Harapan

Perusahaan berharap para pekerja/karyawannya untuk terus bekerja kepada perusahaan tersebut walapun dengan banyak kondisi yang tidak menentu kedepannya. Dan perusahaan juga menaruh harapan yang besar pada hasil produksi yang bisa memuaskan keinginan para pelanggannya sehingga terjadi timbal balik antara harapan & kepercayaan perusahaan dengan pelanggan.

5. Cinta Kasih

Perusahaan harus memiliki rasa cinta kasih, baik di dalam perusahaan itu sendiri atau kepada masyarakat di sekitarnya. Banyak program-program perusahaan untuk meningkatkan rasa cinta dan kasih kepada pekerja/karyawannya atau kepada masyarakat di sekitar perusahaan tersebut. Seperti, kegiatan Family Gathering, bakti sosial, atau yang lainnya. Tentu hal ini sangat berguna untuk meningkatkan perasaan para pekerja/karyawannya sehingga mereka sangat senang bekerja di perusahaan tersebut. Dan masyarakat di sekitarnya pun, memiliki pikiran positif kepada perusahaan tersebut dikarenakan memiliki kontribusi.

6. Keindahan

Perusahaan harus memiliki nilai keindahan atau estetika guna menciptakan suasana/lingkungan kerja perusahaan yang mendukung perasaan para pekerja/karyawannya sehingga produktivitas perusahaan pun meningkat. Selain itu, lingkungan kerja pun sangat mempengaruhi hubungan antar para pekerjanya. Oleh karena itu, perusahaan harus menciptakan suasana/lingkungan kerja yang sedemikian baiknya, agar pekerjanya tidak merasa jenuh saat bekerja di perusahaan tersebut.

7. Keadilan

Perusahaan harus memiliki rasa keadilan di dalamnya agar para pekerja/karyawan tidak merasakan diskriminasi pekerjaan. Perusahaan tidak boleh membeda-bedakan perilaku terhadap para pekerja/karyawannya sehingga hal ini mengakibatkan para pekerja/karyawannya selalu ingin bekerja diperusahaan tersebut dan meningkat produktivitas perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar